TELA’AH KURIKULUM DAN BUKU TEKS

  1. Berdasarkan konsep dasar dan desain kurikulum, karakteristik KTSP berorientasi pada disiplin ilmu, pengembangan individu, mengakses kepentingan daerah, dan merupakan kurikulum teknologis dengan adanya standar kompetensi dasar dan dijabarkan pada indicator hasil belajar. Berikan penjelasan anda pada pernyataan ini :

Jawaban :

  1. Desain Kurikulum Disiplin Ilmu

Desain kurikulum ini merupakan desain yang berpusat pada pengetahuan (the knowledge centered design) yang dirancang berdasarkan struktur disiplin ilmu(Anonim, 2008 : 41). Dilihat dari desainnya, KTSP adalah kurikulum yang berorientasi pada disiplin ilmu. Hal ni dapat dilihat dari  struktur program KTSP yang memuat sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dan mata pelajaran yang harus dipelajari itu selain sesuai dengan nama-nama disiplin ilmu juga ditentukan jumlah jam pelajaranny dan  kriteria keberhasilan KTSP lebih banyak diukur dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran.

  1. KTSP adalah kurikulum yang berorientasi pada pengembangan individu.

Prinsip-prinsip pembelajaran dalam KTSP menekankan pada aktivitas siswa untuk mencari dan menemukan materi pelajaran melalui berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran yang disarankan misalnya pendekatan CTL yang salah satu ciri utamanya adalah  ikuiri. Demikian juga secara tegas dalam struktur kurikulum terdapat komponen pengembangan diri, yakni komponen kurikulum yang menekankan kepada aspek pengembangan minat dan bakat individu peserta didik.

  1. KTSP adalah kurikulum yang mengakses kepentingan daerah.

Salah satu acuan operasional penyusunan KTSP yaitu keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan. KTSP disusun dengan memperhatikan bahwa daerah memiliki potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalman hidup sehari-hari. Oleh karena itu KTSP disusun dengan memperhatikan keragaman tersebut unruk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah.

  1. Kurikulum Teknologis

Model desain kurikulum teknologi difokuskan pada efektivitas program, metode, dan bahan-bahan yang dianggap dapat mencapai tujuan. Desain instruksional menekankan pada pencapaian tujuan yang mudah diukur, aktivitas, tes, dan pengembangan bahan ajar (Anonim 2008 : 48). KTSP merupakan kurikulum teknologis, hal ini dapat dilihat dari adanya standar kompetensi, kompetensi dasar yang kemudian dijabarkan menjadi indikator hasil belajar, yakni sejumlah perilaku yang terukur sebagai bahan penilain.

  1. KTSP memiliki dua sisi yang sama penting (dokumen) yakni kurikulum sebagai pedoman dan kurikulum sebagai implementasi. Kemukakan komponen struktur KTSP berupa dokumen implementasi (silabus dan RPP).

Jawaban :

  • RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : ……………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………..
Kelas, Semester : ……………………………..
Standar Kompetensi : ……………………………..
Kompetensi Dasar : ……………………………..
Indikator : ……………………………..
Alokasi Waktu : ….. x … menit (… pertemuan)
B. Tujuan Pembelajaran 
C. Materi Pembelajaran 
D. Metode Pembelajaran 
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan 1

  • Kegiatan Awal
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

Pertemuan 2

  • Kegiatan Awal
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

Pertemuan 3. Dst

F. Sumber Belajar

G. Penilaian

Mengetahui 
Kepala Sekolah……………….,                                               Guru Mata Pelajaran,

…………………………….                                                  ……………………………………
NIP.                                                                NIP.

b. Silabus

SILABUS

Nama Sekolah

:

……………………………………………….
Mata Pelajaran

:

……………………………………………….
Kelas/Semester

:

……………  / ……………………………….
Alokasi Waktu

:

…………………………………………………………
Standar Kompetensi

:

…………………………………………….
Kompetensi Dasar Materi Pokok/Pemb. Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
  1. Jelaskan perbedaan antara belajar dan mengurus dalam implemntasi kurikulum (KTSP)!

Jawaban :

Perbedaan antara belajar dan mengajar ialah tinjauan dari segi isi dan proses pencapaian target kompetensi pelajaran oleh siswa hingga teknis evaluasi tidaklah banyak perbedaan dengan Kurikulum 2004.

Perbedaan yang paling menonjol adalah guru lebih diberikan kebebasan untuk merencanakan pembelajaran sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa serta kondisi sekolah berada. Hal ini disebabkan karangka dasar (KD), standar kompetensi lulusan (SKL), standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD) setiap mata pelajaran untuk setiap satuan pendidikan telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  1. Skenario Pembelajaran

Pendahuluan

Pengorganisasian kelompok kecil untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru menyiapkan beberapa naskah drama bagi siswa unruk dimainkan.

Kegiatan Inti

  • Guru menyuruh siswa untuk membuat kelompok kecil untuk memainkan suatu drama
    • Kemudian beberapa siswa menyiapkan kelompok untuk permainan drama.
    • Guru menyuruh kelompok siswa untuk maju kedapan kelas untuk memainkan drama.
    • Guru menyuruh siswa yang lain memperhatikan bagaimana tata cara penampilan drama.

Penutup

  • Guru memberikan arahan tentang pementasan drama.
  • Guru mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa sebagai tes
  • Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi sebagai catatan.
  • Siswa dapat mengerti dan tau praktek tentang pementasan drama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s