Pasar Terapung yang Tersingkir

Sedih memeang jika suatu tempat wisata yang menjadi suatu icon terbesar yang ada di pulau kalimantan ini, sedikit demi sedikit harus tersingkir oleh kepentingan pribadi sebelah pihak semata. Pasar terapung adalah suatu tempat dimana penjual dan pembeli yang menggunakan perahu atau jukung yang disebut oleh orang Banjar, yang dimana mereka membeli barang  hanya dengan sistem barter.

Mirisnya sekarang pasar terapung kurang mendapat perhatian oleh pihak setempat. Hal ini dilihat dengan makin berkurangnya para pedagang yang menggunakan jukung, mereka sekarang terpecah-pecah kebeberapa tempat. Hal ini disebabkan dengan banyaknya gelondongan-gelondongan kayu yang bersandar di pinggiran-pinggiran sungai.  Hal tersebut menyebabkan tempat para pedagang semakin menyempit karena banyaknya gelondongan kayu tersebut yang memenuhi sungai yang dimana tempat mereka untuk  berdagang semakin menyempit.

Seharusnya hal ini mandapatkan perhatian dari pemerintah setempat, pasar terapung adalah icon yang harus dilestarikan. Pasar terapung adalah suatu wisata kuliner yang sangat khas. Seharus pemerintah setempat menyediakan tempat dimana mereka bisa berdagang tanpa harus terganggu oleh gelondongan-gelondongan kayu yang menjadi kepentingan pribadi beberapa orang. Semoga tempat wisata Pasar terapung ini tidak hilang oleh kejamnya zaman. Dan semoga saja orang-orang yang mementingkan kepentingan pribadi sadar akan hal tersebut dan pemerintah pun mau melestarikan apa yang menjadi icon dari Kalimantan selatan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s